Minggu, 16 Mei 2010

Pelajaran 19 Kegiatan Pelayanan Gereja



Tujuan Pelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
  1. Mengelompokkan kegiatan pelayanan yang dilakukan umat ke dalam empat fungsi pelayanan Gereja
  2. Menjelaskan empat fungsi pelayanan Gereja: liturgia, diakonia, koinonia dan kerygma serta hubungannya satu sama lain
  3. Menjelaskan kaitan antara karya Gereja dan tugas perutusan Yesus
Ringkasan Materi
Gereja sebagai komunitas orang yang beriman kepada Kristus memiliki visi yang diwujudkan dalam misi/ kegiatan yang khas. Visi utama Gereja aialah untuk mewujudkan Kerajaan Allah sebagaimana yang diwartakan oleh pendirinya, Yesus kristus. mewujudkan Kerajaan Allah berarti mengupayakan situasi kehidupan yang diwarnai oleh cinta akan Allah, damai, persaudaraan, dan keharmonisan. Oleh Gereja, visi tersebut diwujudkan melalui sedikitnya empat fungsi pelayanan yaitu liturgia, diakonia, koinonia, dan kerygma.
  1. Liturgia (pengudusan) adalah segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, baik secara pribadi ataupun bersama baik sakramen maupun yang bukan sakramen. Contoh dari pelayanan liturgia adalah perayaan ekarsti, ibadat lingkungan, doa bersama dll.
  2. Diakonia (Pelayanan) adalah segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan pertolongan atau pelayanan. Umat beriman saling melayani dan memperhatikan kebutuhan sesamanya, baik yang seiman maupun setiap orang yang membutuhkan. Contoh dari pelayanan diakonia adalah badan amal, poliklinik, Rumah Sakit, dana solidaritas, dana papa, rumah jompo,yayasan yatim piatu dll.
  3. Koinonia (Pembinaan Persekutuan) adalah segala usaha untuk semakin mewujudkan dan mengukuhkan persaudaraan murid-murid Kristus dengan saling membantu, berbagi, memperhatikan, memberi, menerima dan saling mencukupi demi kesejahteraan bersama dalam komunitas. Contoh dari pelayanan koinonia adalah mengunjungi orang sakit, kegiatan PIA, Pembinaan Remaja,Kunjungan pastoral dll
  4. Kerygma (Pewartaan) adalah segala bentuk pewartaan, pengajaran iman dan komunikasi iman untuk saling meneguhkan, berbagi pengalaman iman dan saling meluruskan pandangan iman. Setiap orang yang menerima pewartaan Kristus dan mengemban tugas pewartaan seperti yang telah diperintahkan oleh Yesus kristus. Contoh dari pelayanan kerygma adalah katekese, pendalaman iman lingkungan dll.
Allah telah memperlengkapi kita dengan kemampuan-kemampuan khusus untuk melakukan pelayanaan baik pelayanan bagi Gereja maupun sesama. Segala bentuk keterlibatan dan pelayanan kita sebagai Gereja adalah untuk pengembangan dan perwujudan iman sehingga kita semakin beriman kepada Allah. Paulus juga menegaskan bahwa keterlibatan seseorang dalam pelayanan merupakan tanda kedewasaan iman seseorang. Dengan terlibat dalam kegiatan pelayanan Gereja kita turut serta dalam karya perutusan Yesus Kristus: mewartakan Injil Kerajaan Allah. Setiap orang Kristen dipanggil untuk melakukannya.

KUTIPAN
Efesus 4: 11-16
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan Tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah kepala. Dari padaNyalah seluruh tubuh, yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota, menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Refleksi
  1. Jeaskan empat fungsi pelayanan Gereja!
  2. Jelaskan pendapatmu atas pernyataan berikut, "Bila Gereja membantu sesama yang tidak Katolik hal itu bertujuan agar mereka mau menjadi katolik"!
  3. Berikan usul kegiatan pelayanan yang seharusnya dilakukan oleh Gereja pada zaman sekarang untuk mewujudkan masyarakat yang sesuai dengan kehendak Allah!

4 komentar: