Selasa, 23 Maret 2010

Pelajaran 12 Keanggotaan Gereja

Tujuan Pelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
  1. menyebutkan unsur-unsur anggota Gereja
  2. menjelaskan peran/ tugas setiap anggota Gereja
  3. menjelaskan makna dan tanggung jawab anggota Gereja berdasarkan 1 kor 12: 12-18
  4. menyebutkan ciri-ciri tindakan anggota Gereja yang bertanggung jawab terhadap gerejanya
Ringkasan Materi
Dalam kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah kita menjumpai adanya peran-peran atau fungsi dari warga sekolah. Misalnya kepala sekolah, guru, siswa, petugas tata usaha, petugas kebersihan dan petugas keamanan. Masing-masing memliki tugas sesuai dengan perannya masing-masing.

Dalam Gereja juga dapat ditemukan berbagai orang dengan kemampuan serta peran masing-masing. Dalam Gereja kita mengenal ada:
  1. Para imam/pastor: mereka adalah orang yang ditahbiskan dan bertugas untuk menggembalakan, melayani, dan mengajar umat. Para imam juga memiliki tugas menguduskan Gereja melalui perayaan-perayaan sakramen
  2. Para biarawan-biarawati: mereka yang mengucapkan tri kaul suci dan membaktikan dirinya untuk pewartaan kabar gembira. Wujud bakti hidup mereka antara lain dalam pelayanan di dunia pendidikan, pelayanan medis, rumah-rumah retret dan lain-lain. Mereka hidup dalam biara-biara dan tergabung dalam komunitas, tarekat atau kongregasi tertentu
  3. Kaum awam: mereka adalah umat kristiani yang bukan imam dan bukan biarawan. Mereka mengemban tugas perutusan dalam Gereaja dan dunia sesuai dengan kehendak Allah. Di antara kaum awam sendiri ada yang berperan sebagai ahli pikir, tenaga medis, pedagang, petani, katekis, ahli bangunan dsb.

Dengan beragamnya anggota serta perannya diharapkan tidak saling menguasai, melecehkan atau menjatuhkan satu sama lain, namun saling melengkapi serta membantu agar tujuan untuk mewartakan kabar baik dapat tercapai dan semua orang dapat hidup selamat dan bahagia

Gereja adalah tubuh Kristus. Sebagai tubuh, Gereja terdiri atas banyak anggota dengan kemampuan serta peran yang berbeda-beda.



Dalam perbedaan itu mereka semua bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas mewartakan kabar gembira. Bila satu anggota saja tidak menjalankan perannya masing-masing secara bertanggung jawab, maka tubuh itu akan ancur berantakan. Sebagai tubuh Kristus Gereja dihidupi oleh semangat Roh Kristus dan senantiasa dibimbing olehNya.

Refleksi
  1. Gereja sering digambarkan sebagai tubuh mistik Kristus. Gambaran apa lagi yang kamu ketahui? Apa maknanya?
  2. Siapakah anggota Gereja yang paling bertanggung jawab terhadap kehidupan Gereja? Jelaskan!
  3. Apakah gambaran Gereja sebagai Tubuh Kristus terjadi dalam kehidupan Gereja di paroki/ lingkunganmu?Jelaskan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar